Sabtu, 22 November 2014

Molekul dan Atom

“Molekul dan Atom”


          Molekul, materi yang kecil yang masih bisa di pecah lagi karena masih memiliki sifat-sifat materi yang jika di pecah lagi akan menjadi atom (a= tidak, tomos= dibagi).

          Atom berukuran sangat kecil, sukar dilihat walaupun dengan mikroskop yang beresolusi tinggi. John Dalton (1766-1844) mengemukakan hipotesa mengenai substansi dasar dari semua materi yang dikenal dengan teori Dalton. Prinsip dari teori dalton adalah :

a.     Tiap unsur terdiri dari partikel-partikel kecil yang disebut atom. Atom tidak dapat dibagi-bagi lagi.
b.     Atom dari unsur yang sama mempunyai sifat yang sama, sedangkn atom di unsur yang berbeda mempunyai sifat berbeda.
c.      Kumpulan atom sejenis dapat membentuk unsur, sedangkan kumpulan atom yang berlainan akan membentuk senyawa.
d.     Atom-atom yang saling mengikat secara kimiawi akan membentuk molekul.


Model atom

a.     Model Atom Thomson

Menurut Thomson, atom berupa bola bermuatan positif, dan pada tempat-tempat tertentu di dalam bola terdapat elektron-elektron, seperti kismis pada roti. Jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif, sehingga atom bersifat netral.


b.    Model Atom Rutherford

Ernest Rutherford (1817-1937) menemukan bukti-bukti baru tentang sifat atom dari eksperimennya yang disebut eksperimen penghamburan sinar alfa.
Teori Rutherford mengenai struktur atom adalah: Sebuah atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dibungkus oleh kulit atom yang mengandung elektron-elektron yang bermuatan negatif. Atom akan netral (tidak bermuatan listrik) bila jumlah muatan negatif sama dengan jumlah muatan positif.

          Proton merupakan suatu bagian ruangan di dalam inti atom yang mengadakan tarik-menarik dengan sejumlah elektron sesuai dengan jumlah muatan inti. Jumlah proton di dalam inti atom disebut nomor atom.
          J.Chadwick pada th. 1932 menemukan partikel lain yang tidak bermuatan listrik (bersifat netral). Partikel ini terdapat pada inti atom dan disebut neutron. Jumlah proton dan neutron didalam inti atom merupakan nomor massa atom.


c.      Model Atom Bohr

Menurut Bohr disekitar inti hanya mungkin terdapat lintasan-lintasan elektron yang jumlahnya terbatas. Pada tiap-tiap lintasan terdapat sejumlah elektron tertentu yang dalam gerakannya tidak memancarkan sinar. Jadi dalam tiap keadaan stasioner elektron mengandung jumlah tenaga tetap dan terdapat dalam keadaan seimbang yang mantap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar