Minggu, 19 Juni 2016

Tips Memulai Suatu Bisnis



BEBERAPA TIPS MEMULAI BISNIS

Untuk memulai suatu bisnis, banyak orang beranggapan bagaimana bisnis tersebut bisa bertahan, bagaimana jika bisnis tersebut bangkrut, bagaimana jika bisnis tersebut sudah banyak yang melakoni, bagaimana dan berbagai jenis “bagaimana” yang melintas difikiran kita.
Banyak pula kata-kata motivasi yang kita jumpai untuk membuat kita bersemangat lagi dalam melakoni suatu binis, walaupun hanya sementara saja kata-kata motivasi tersebut mempengaruhi semangat bisnis kita.
Yang hanya ingin saya sampaikan berdasarkan judul di postingan kali ini adalah “Mau kapan lagi dan mau siapa lagi kalo bukan diri kita sendiri yang memulainya”.

Langsung saja ke pembahasan:

Tips Memulai Bisnis :

1.      Bidang apa/ Sektor apa yang kita kuasai:
Setiap manusia memiliki kelebihan atau kemampuan masing-masing yang dikaruniakan oleh Tuhan kepadanya, itu semata-mata diberikan bukan tidak ada manfaat. Sebaiknya didalam memulai sebuah usaha jika anda mengalami kebingungan dalam menentukan bidang bisnis anda maka saran terbaik di awal adalah mengikuti kemampuan, bakat dan hasrat anda. Misalkan kemampuan di bidang kuliner, fokus dan cari artikel mengenai mengenai bisnis kuliner untuk menambah wawasan bisnis anda. Begitu juga dengan sektor lainnya.

2.      Action
Sebaik apapun ide usaha yang kita punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan. Jangan takut untuk memulai.

3.      Selalu belajar dan lakukan pengamatan
Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif. Jangan takut salah, ketika takut salah maka kita tidak akan berani untuk mengambil keputusan, dan ketika kita takut, maka kita hanya akan berhenti. Belajar dari setiap kesalahan lebih baik dari pada hanya berdiam diri. Dari kesalahan kita akan bisa memprediksi setiap tindakan yang akan kita ambil.




4.      Tunjukan Kelebihan Bisnis Anda
Strategi bisnis yang matang, sehingga usaha dapat bersaing dipasaran adalah pemikiran bagi seorang pengusaha. Salah satunya menonjolkan sesuatu yang berbeda dari bisnis anda, tunjukkan bahwa bisnis anda memiliki nilai plus lebih bagi konsumen.

5.      Hadapi dan nikmati hambatan atau kegagalan.
Tidaklah mudah untuk membangun sebuah usaha/bisnis hingga sukses. Banyaknya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu berdatangan di setiap usaha yang kita lakukan. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap segala hambatan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan dalam mencari solusi jika pola pikir kita positif. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Itulah mengapa kita harus bisa menikmati dan menghadapi  setiap hambatan usaha, dari kegagalan dan hambatan itulah kita akan menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai hambatan di dalam berbisnis.


            Kesimpulannya adalah, untuk memulai suatu bisnis dan mengembangkannya hingga sukses harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sedikit demi sedikit harus mulai untuk dibangun sejak dini, karena tidak ada bisnis yang mapan dimulai dari kemudahan. Kerja keras dan ketekunanlah kunci utamanya.



Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar