Rabu, 22 Juni 2016

Penyebab Kegagalan Dalam Berwirausaha



Penyebab Kegagalan Dalam Berwirausaha

Bukan hal yang asing lagi jika setiap calon wirausahawan/wirausahawati menginginkan kesuksesan dalam bisnisnya, segala metode di coba untuk mengetahui dan meningkatkan bobot dan bebetnya. Karena antusias dalam berbisnisnya tinggi, terkadang mereka lupa akan adanya hal-hal/ kendala-kendala yang bisa membuat mereka gagal.
Berikut beberapa hal yang sering tidak disadari membawa kegagalan dalam wirausaha:
1.      Bisnis/Usaha Tidak Jelas
Banyak terjadi bahwa pelaku usaha yang merintis usaha tanpa menentukan visi, misi, tujuan dari usahanya tersebut. Jadi mereka tidak tahu fokus usaha seperti apa yang akan dijalankan. Ada baiknya jika sebelum memulai berbisnis menentukan tujuan dan target, lebih baiknya membuat secara tersurat. Dengan begitu pelaku usaha akan memiliki gambaran dan target yang akan di capai dengan tersistematis.

2.      Kurangnya Modal
Pelaku usaha yang belum memiliki target dan tujuan biasanya mengalami kekurangan modal ketika menjalankan bisnisnya karena belum tau seberapa dana yang akan dikeluarkan, ini juga bisa karena kurangnya kesabaran untuk segera memulai bisnis. Ada baiknya sebelum memulai usaha, pelaku usaha harus mengetahui secara detail berapa jumlah modal yang dibutuhkan, agar tidak terhambat.

3.      Produk yang Kurang Menjual
Biasanya karena terlalu bersemangat, seringkali pelaku usaha menambah karakteristik/ jenis baru pada produknya tanpa memberikan nilai tambah/ kelebihan dari produk senbelumnya. Hal ini bukannya akan menambah nilai jual, malah membuat produk tersebut kehilangan nilai tambah. Dalam berwirausaha, seorang pelaku usaha harus mampu berinovasi. Dalam artian, produk yang dikembangkan harus memiliki nilai tambah, nilai jual, dan manfaat yang lebih dibanding sebelumnya, bukan hanya sekedar memberi “pemanis” saja.

4.      Tidak Adanya Hal Menarik/Kelebihan
Banyak dari pelaku usaha hanya merealisasikan inovasi-inovasi yang terlintas di fikiran mereka kedalam produk tanpa memikirkan adanya keunggulan/ kekurangan apa saja yang ada di inovasi baru tersebut. Hal ini bisa membuat pelaku bisnis gagal dalam memasarkan produk mereka ketika mereka sadara adanya kelemahan dalam produk mereka. Seperti halnya diri kita, produk harus memiliki keunggulan/nilai tambah/ kelebihan. Dengan adanya nilai tambah/ keunggulan ini, kita dapat memasarkan produk kita dengan mudah. Pastikan setiap inovasi dan produksi memiliki nilai keunggulan tersendiri.



5.      Waktu Pemasaran yang Kurang Tepat
Hal seperti ini biasanya terjadi diluar kendali para pelaku usaha, karena terkadang ide bisnis itu muncul tiba-tiba di waktu yang kurang tepat, tanpa berfikir lama-lama pelaku usaha segera merealisasikannya. Yang terjadi adalah produk tidak terjual sesuai dengan harapan.Bukan hal yang mudah memang untuk mempertemukan sebuah ide dengan aksi. Hal tersebut dapat diatasi jika pelaku usaha melakukan riset lapangan/ pasar untuk waktu yang tepat dalam memasarkan produk.

Kesimpulan:
            Pertimbangkan dan tentukan apa yang akan dilakukan. Pastikan bahwa para pelaku usaha sudah terlebih dahulu menyiapkan Rencana A,B,C untuk menghadapi segala masalah yang sekiranya akan dihadapi ketika memulai berwirausaha.


Daftar Pustaka
http://www.asritadda.com/enterpreneurship/6-penyebab-kegagalan-dalam-berwirausaha.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar