Rabu, 04 Mei 2016

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Manusia diberikan kebebasan untuk menentukan nasib dan jalan hidupnya termasuk dalam mencari nafkah untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Beragam profesi dijalani manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti karyawan swasta, buruh, petani, peternak, PNS, pedagang, pengusaha dan profesi lain sebagainya. Sebagian orang melakukan wirausaha untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.
Setelah memutuskan suatu profesi tentu terlebih dulu anda harus mengetahui tujuan dan manfaat dari melakukan profesi tersebut. Begitupula jika anda seorang wirausaha maka anda harus mengetahui tujuan dan manfaat dari berwirausaha. Untuk mengetahuinya, inilah keuntungan menjadi wirausaha bagi anda yang memilih untuk membuka usaha sendiri, antara lain:
1.      Tidak terikat waktu
Menjadi seorang wirausaha tidak akan pernah terikat waktu, apa yang akan kita lakukan dan kerjakan semua tergantung dari kita sendiri. Jadi seorang wirausaha harus pintar dan pandai dalam mengelola waktu yang digunakan dalam usahanya. Memaksimalkan waktu yang sedikit dan menjadikannya keuntungan-keuntungan yang luar biasa. Ingat walaupun tidak terikat waktu tapi harus tetap pandai mengelola waktu usaha.

2.      Memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya
Kebebasan adalah hal yang sangat bernilai bagi seseorang, di mana orang tersebut dapat melakukan apapun yang diinginkannya tanpa ada yang menghalangi. Dalam konteks wirausaha, kebebasan adalah bagaimana mengelola waktu, sumber daya manusia, alat dan bahan serta tujuan yang ingin dicapai dalam usaha sesuka hatinya. Tapi dalam kebebasan tersebut tetap ada batasan-batasan yang masuk akal atau dapat dilogika. Yang tidak boleh dilupakan dalam kebebasan usaha adalah tidak sewenag-wenang mengatur karyawan.

3.      Bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain
Dengan mendirikan sebuah usaha ini berarti wirausahawan memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja pada usaha yang diciptakannya. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dalam berwirausaha, selain berwirausaha yang tidak kalah penting adalah membantu orang lain untuk memperoleh kerja dan mengurangi pengangguran di kalangan masyarakat. Banyaknya pengangguran bisa jadi membuka peluang kejahatan, karena susahnya mendapatkan uang maka pengagguran yang frustasi menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Sisi positif bagi wirausahawan dalam konteks ini adalah membantu mengurangi tingkat kejahatan dan menjadi ladang beribadah.



4.      Mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar.
Biasanya para pengusaha, walaupun masih kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran yang sangat strategis di dalam kehidupan sosial masyarakat pada lingkungannya. Hal ini disebabkan banyak dari wirausahawan menjadi sukses karena usaha yang dilakukannya secara terus menerus sehingga bisa berhasil dengan memuaskan. Melalui proses-proses yang sangat sulit, rumit, dan panjang akan membentuk sebuah karakter dan dipandang baik oleh masyarakat sekitar.

5.      Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
Menjadi wirausahawan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas investasi dalam usahanya. Untung yang didapat seberapapun hasilnya bisa digunakan dan diambil sesuka hati tanpa harus membagi dengan orang lain. Inilah salah satu kelebuhan berwirausaha, bebas memperoleh dan menentukan laba. Tapi ada hal yang juga perlu diingat, jika ingin usaha maju maka harus bisa menyisihkan laba dan dijadikan sebagai tambahan modal supaya usaha bisa semakin berkembang.

Dapat disimpulkan bahwa menjadi wirausaha adalah pilihan yang sangat baik untuk masa depan kita kelak. Banyaknya karyawan pekerja kantor akan semakin mempersulit kita mencari pekerjaan jika kita tidak memiliki keterampilan lainnya, seperti berwirausaha.
Tidak ada salahnya untuk mencoba memulai berwirausaha. Karena setiap orang bisa dan berhak menjadi Wirausahawan sukses. Jangan pernah menunggu untuk memulai.




Daftar Pusataka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar