Rabu, 10 Desember 2014

Masa dan Berat

“MASSA DAN BERAT” 


a.    Pengertian Massa dan Berat

I.              Massa
Massa adalah ukuran banyaknya materi yang di kandung oleh suatu benda. Atau, Massa adalah ukuran kelembaman ( kemampuan mempertahankan gerak) suatu benda. Massa suatu benda di manapun sama. Massa benda dan di bumi dan di bulan sama. Massa benda dan di puncak yang tinggi juga sama. Hal biasa di pahami karena massa menyatakan banyaknya zat yang di kandung oleh suatu benda.

II.            Berat
Berat adalah besarnya gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda. Berat benda dapat di ubah-ubah  menurut tempat dimana benda tersebut berada. Berat benda di bumi dan di bulan berbeda-beda. Kenapa demikian ? karena berat menyatakan ukuran gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.
Gaya gravitasi bumi lebih besar dari pada gaya gravitasi bulan. Akibatnya berat benda ketika berada di bumi lebih besar dibandingkan beratnya ketika berada di bulan. Berat benda di puncak lebih kecil dibandingkan beratnya ketika berada di tepi pantai. Makin tinggi benda ini dari permukaan bumi, maka beratnya lebih kecil. Berat benda dinyatakan dalam rumus sebagai berikut :

Keterangan      :
w = berat benda (N)
m = massa benda (kg)
g = gaya grvitasi bumi (m/s2)
Mengingat massa benda (m) tetap, maka berat benda (w) ditentukan oleh percepatan gravitasi berbeda dengan satu tempat dengan tempat yang lain. Percepatan gravitasi di bulan adalah 1/6 kali gravitasi di bumi. Akibatnya berat benda di bulan 1/6 kali dari beratnya bumi.
b.    Gaya Berat
Berat (w) berasal dari kata weight adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda.

Bagaimanakah hubungan antara massa dan berat ?

Jika suatu benda di lepaskan dari ketinggian tertentu benda akan jatuh. Jika hambatan agin di abaikan , maka satu-satunya gaya yang bekerja pada benda adalah gaya gravitasi bumi ( berat benda ).Benda akan mengalami gerak jatuh bebas dengan percepan kebawah sama dengan percepatan gravitasi.
Dengan menggunakan hukum newton II pada benda jatuh bebas ini, diperoleh hubungan antara massa dan berat.

Kemanakah arah gaya berat ?

Berat adalah gaya gravitasi bumi ( sering disebut gaya tarik bumi ). Karena itu vektor berat selalu berarah tegak lurus pada permukaan bumi menuju ke pusat bumi. Dengan demikian vektor suatu benda dibumi selalu berarah tegak lurus kebawah dimanapun posisi benda diletakkan, baik horizontal, miring atupun tegak.

c.    Perbedaan massa dan berat

  • Massa :

1.    Menyatakan banyaknya materi yang terkandung pada suatu benda.
2.    Besarnya di mana-mana tetap,
3.    Termasuk besaran skalar (besaran yang hanya memiliki besar saja, tidak memperhitungkan arah),
4.    Satuan dalam internasional (SI) adalah kilogram,
5.    Diukur dengan menggunakan neraca Ohauss.

Berat
1.    Menyatakan besarnya gaya tarik gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda,
2.    Besarnya berubah-ubah sesuai kedudukannya (tergantung pada percepatan gravitasi di tempat tersebut). Semakin jauh dari pusat bumi berat suatu benda semakin berkurang. Demikian juga berat benda di kutub akan lebih besar dibandingkan berat benda di khatulistiwa,
3.    Termasuk besaran vektor (besaran yang memiliki besar dan arah),
4.    Satuan dalam internasional (SI) adalah newton,
5.    Diukur dengan menggunakan neraca pegas (dinamometer)

d.    Hubungan massa dan berat


Massa dan berat dihubungkan dengan persamaan.

W = m g
W = berat (N)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar