Jumat, 17 Oktober 2014

Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila

    


Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila


    1.Landasan Pendidikan Pancasila

Landasan Pendidikan Pancasila, antara lain landasan Filosofis, Landasan Kultural, Landasan Historis, Landasan Yuridis :

   a.       Landasan Filosofis
Landasan filosofis adalah filsafat Pancasila sebagai bagian dari pendidikan nasional maka pendidikan Pancasila dilandasi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.


   b.      Landasan Kultural
Landasan kultural adalah landasan yang di gali dari nilai-nilai luhur budaya bangsa yang sudah ada semenjak berabad-abad lamanya di Indonesia. Nilai-nilai ini adalah kepribadian bangsa yang terpelihara dengan baik, seperti nilai-nilai kemanusiaan, gotong royong, nilai persatuan-kesatuan, dan toleransi tinggi dalam perbedaan pendapat maupun pergaulan dalam hidup bermasyarakat sampai kepada nilai-nilai religius dan keagamaan.


   c.       Landasan Historis
Landasan historis adalah landasan sejarah, terutama dalam rangka perjuangan bangsa dalam membebaskan diri dari segenap penderitaan selama berabad-abad dalam penjajahan, serta berjuang menegakkan kehidupan dalam negara yang merdeka, berdaulat, dan bersatu dengan tetap berpegang pada kepribadian dan karakter bangsa secara keseluruhan.


   d.      Landasan Yuridis Pendidikan Pancasila
Yaitu :
a.       Pasal 31, ayat 1, UUD 1945, “setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”.
b.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang “Sistem Pendidikan Nasional” (Negara RI)
c.       Keputusan DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS No. 43/DIKTI/KEP/2006, tentang rambu-rambu pelaksanaan kelompok matakuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi.
  
   2.      Tujuan Pendidikan Pancasila

Tujuan Pendidikan Pancasila adalah mempersiapkan mahasiswa calon  sarjana yang berkualitas, berdedikasi tinggi, dan bermartabat agar :
1.      Menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2.       Sehat jasmani dan rohani, berakhlak mulia, dan berbudi pekerti luhur;
3.      Memiliki kepribadian yang mantap, mandiri, dan bertanggung jawab sesuai hati nurani;
4.      Mampu mengikuti perkembangan IPTEK dan seni;
5.      Mampu ikut mewujudkan kehidupan yang cerdas dan  berkesejahteraan bagi bangsanya.




Daftar Pustaka


Pandji Setijo. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Penerbit PT Grasindo, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar