Jumat, 17 Oktober 2014

ILmu Alamiah Dasar

Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Alamiah Dasar, yang termasuk dalam softskill adalah ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup. Yang termasuk mahluk hidup adalah manusia,hewan,dan tumbuhan. Hewan,tumbuhan dan manusia memiliki sifat-sifat yang berbeda,manusia sebagai mahluk hidup memiliki sifat yang berbeda dengan mahluk hidup yang lainnya, seperti;
A. Berfikir, manusia memiliki fikiran yang logis untuk melakukan kegiatan karna manusia adalah satu-satunya mahluk hidup yang memiliki pemikiran yang baik dan menjadi mahluk yang paling cerdas atau bijaksana.
B. Berakal, selain berfikir, manusia juga berakal, akal adalah hasil dari buah pemikiran manusia atau seseorang.
C. Sosial, sebagai mahluk hidup yang memiliki akal dan pikiran yang baik, manusia juga memiliki jiwa sosial yang amat tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, manusia saling bersosialisasi untuk mempererat tali kekeluargaan di masyarakat dan sebagai cara untuk bermusyawarah bersama.
D. Beriman, hanya manusia yang mempunyai keyakinan dan kepercayaan kpd Tuhan Yang Maha Esa/ sang pencipta.
E. Bertaqwa, Taqwa berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang artinya memelihara. "memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/petunjuk allah" Adapun dari asal bahasa arab quraish taqwa lebih dekat dengan kata waqa Waqa bermakna melindungi sesuatu, memelihara dan melindunginya dari berbagai hal yang membahayakan dan merugikan.
F. Berbudaya,  Manusia yang diciptakan untuk menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai makhluk Tuhan. Manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinannya di muka bumi disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki, menciptakan nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab agar bermakna bagi kemanusiaan dan lingkungan sekitarnya.
G. Berpendidikan, manusia yang berpendidikan adalah manusia yang berbudaya dan diartikan sebagai manusia yang telah berkembang kemampuan intelek tualnya karena factor pendidikan (Sekolah).
H. Berbudi Luhur, manusia yang berbudi luhur,yang dimaksud adalah perilaku yang terpuji, sesuai dengan pengertian budi luhur. Manusia berbudi luhur mempunyai kecerdasan akal, mampu mengendalikan emosi atau perasaannya, berbahasa dengan baik, memiliki kecerdasan spiritual, dan bekerja secara cerdas.      dan masih banyak lagi sifat-sifat dari manusia.
          Selain mahluk hidup, ilmu alamiah memiliki unsur-unsur, unsur-unsur alamiah kita adalah unsur alamiah “klasik modern” dan “modern”, unsur alamiah klasik modern adalah seperti misalnya air,udara, tanah dan matahari. Kemudian ada juga unsur alamiah modern, yang terdapat sekitar 114 unsur, seperti misalnya Oksigen, Hidrogen, Karbondioksida, Nitrogen, Titanium, Perak, Tembaga, dan sebagainya.
          Ilmu alamiah juga mempelajari tentang;
1.     Teknologi :  Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis dari terapan ilmu pengetahuan atau dapat pula diartikan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan alat yang diperlukan bagi kebutuhan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi didapat dari hasil pemikiran/pengetahuan dan ilmu dari manusia.
2.     Pengetahuan : Pengetahuan diperoleh dari alat-alat indra di tubuh kita, seperti penglihatan, penciuman, pendengaran, pencecapan dan sebagainya. Selain itu juga pengetahuan bisa didapat dari pengalaman.
3.     Ilmu : Dapat diperoleh dengan cara metode ilmiah, yaitu dengan perumusan masalah dan di lanjutkan dengan penyusunan hipotesis, kemudian hipotsis diuji dengan cara mengumpulkan fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut, setelah di dapatkan fakta-fakta nya, akhirnya di tariklah kesimpulan, apakah fakta yang ditemukan tersebut mendukung hipotesis atau tidak.
Perbedaan antara pengetahuan dengan ilmu adalah, jika pengetahuan bisa hanya kita saja/ diri sendiri yang mengetahuinya, tetapi jika ilmu sudah banyak yang mengetahui dari pengetahuan yang sudah di uji kebenarannya.


Sikap Ilmiah : mengatakan hasil yang ada/hasil uji yang ada/hipotesis secara fakta atas kebenaran yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar