Rabu, 04 Januari 2017

SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi
Peranti Keras
1.      Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemrosesan pusat atau central processing unit-CPU) adalah tempat dimana pemrosesan dapat dilakukan. Prosesor juga mengarahkan dan mengendalikan pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya di dalam komputer. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi.
2.      Memori
Memori (yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory- RAM), mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan.
3.      Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya adalah hard drive komputer mikro anda. Penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk sebuah pita, disk (yang dikenal pula sebagai disket,flash drive USB, CD atau media jinjing lainnya.
4.      Alat-alat Input (Input Devices)
Data yang diterima manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuahkeyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara pada mikrofon, atau interaksi lain yang serupa. Input yang diterima dari manusia sangat penting, karena memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.
5.      Alat-alat Output (Output Devices)
Dua alat output yang paling terkenal adalah layar komputer, yang disebut monitor, dan printer.
6.      Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat diproyeksikan ke layar komputer dengan disertai oleh satu gambar atau video.

Alat-alat Komputasi Pribadi
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan, komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi. Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, setiap pengguna komputer mikri menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadinya saja. Kini masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat berbagi file, printer, dan sumber daya lainnya ketika terhubung oleh suatu jaringan. Terdapat 4 alat komputasi pribadi :
1.      Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
2.      Telepon Saluler Cerdas
3.      Jaringan Rumah
4.      Keamanan Komputasi Rumah

Peranti lunak
Peranti Lunak Sistem adalah sistem operasi menjalankan tugas- tugas mendasar yang di butuhkan oleh seluruh pengguna dari suatu komputer .Tugas itu berhubungan dengan peranti keras.Sistem operasi mengelola proses komputer dan berfungsi sebagai suatu antar muka yang menghubungkan pengguna ,peranti lunak aplikasi dan peranti keras.Contoh sistem operasi adalah Windows XP dan Mac OS X.
Semua komputer memiliki sistem operasi namun semua sistem bervariasi tergantung fungsi yang dibutuhkan.Sistem operasi sebuah mainframe jauh lebih rumit daripada sistem operasi komputer mikro dengan pengguna tunggal karna mainframe harus melakukan koordinasi dnegan banyak alat –alat input dan output juga menangani beberapa pengguna sekaligus.Peranti Lunak Aplikasi di bagi menjadi 2 yaitu peranti lunak aplikasi siap pakai dan peranti lunak aplikasi sesuai pesanan.
Karekteristik Aplikasi Yang mudah digunakan
·         Dialog yang di pandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang di butuhkan format data yang diminta dan masalah lain yang serupa.
·         Menu, daftar perintah dengan langkah – langkah yang di tampilkan ke bawah dan icon.Banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan.
·         Pola dan formulir-formulir isian.
·         Bantuan yang sensitive pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya diberikan di mana pengguna mengalami kesulitan.
·         Antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan symbol berstandar.Pengguna hendaknya tidak di harapkan untuk mempelajari icon baru ketika setiap aplikasi di tulis.


Sumber            : McLeod, Raymond and Schell, George P.2007.”Sistem Informasi Manajemen”.Jakarta: Salemba Empat. BAB 5 Edisi 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar