Penyebab
Kegagalan Dalam Berwirausaha
Bukan
hal yang asing lagi jika setiap calon wirausahawan/wirausahawati menginginkan
kesuksesan dalam bisnisnya, segala metode di coba untuk mengetahui dan
meningkatkan bobot dan bebetnya. Karena antusias dalam berbisnisnya tinggi,
terkadang mereka lupa akan adanya hal-hal/ kendala-kendala yang bisa membuat
mereka gagal.
Berikut
beberapa hal yang sering tidak disadari membawa kegagalan dalam wirausaha:
1.
Bisnis/Usaha
Tidak Jelas
Banyak terjadi bahwa pelaku usaha yang
merintis usaha tanpa menentukan visi, misi, tujuan dari usahanya tersebut. Jadi
mereka tidak tahu fokus usaha seperti apa yang akan dijalankan. Ada baiknya
jika sebelum memulai berbisnis menentukan tujuan dan target, lebih baiknya
membuat secara tersurat. Dengan begitu pelaku usaha akan memiliki gambaran dan
target yang akan di capai dengan tersistematis.
2.
Kurangnya
Modal
Pelaku usaha yang belum memiliki target
dan tujuan biasanya mengalami kekurangan modal ketika menjalankan bisnisnya
karena belum tau seberapa dana yang akan dikeluarkan, ini juga bisa karena kurangnya
kesabaran untuk segera memulai bisnis. Ada baiknya sebelum memulai usaha, pelaku
usaha harus mengetahui secara detail berapa jumlah modal yang dibutuhkan, agar
tidak terhambat.
3.
Produk
yang Kurang Menjual
Biasanya karena terlalu bersemangat,
seringkali pelaku usaha menambah karakteristik/ jenis baru pada produknya tanpa
memberikan nilai tambah/ kelebihan dari produk senbelumnya. Hal ini bukannya akan
menambah nilai jual, malah membuat produk tersebut kehilangan nilai tambah. Dalam
berwirausaha, seorang pelaku usaha harus mampu berinovasi. Dalam artian, produk
yang dikembangkan harus memiliki nilai tambah, nilai jual, dan manfaat yang
lebih dibanding sebelumnya, bukan hanya sekedar memberi “pemanis” saja.
4.
Tidak
Adanya Hal Menarik/Kelebihan
Banyak dari pelaku usaha hanya merealisasikan
inovasi-inovasi yang terlintas di fikiran mereka kedalam produk tanpa
memikirkan adanya keunggulan/ kekurangan apa saja yang ada di inovasi baru
tersebut. Hal ini bisa membuat pelaku bisnis gagal dalam memasarkan produk
mereka ketika mereka sadara adanya kelemahan dalam produk mereka. Seperti
halnya diri kita, produk harus memiliki keunggulan/nilai tambah/ kelebihan. Dengan
adanya nilai tambah/ keunggulan ini, kita dapat memasarkan produk kita dengan
mudah. Pastikan setiap inovasi dan produksi memiliki nilai keunggulan
tersendiri.
5.
Waktu
Pemasaran yang Kurang Tepat
Hal seperti ini biasanya terjadi diluar
kendali para pelaku usaha, karena terkadang ide bisnis itu muncul tiba-tiba di
waktu yang kurang tepat, tanpa berfikir lama-lama pelaku usaha segera
merealisasikannya. Yang terjadi adalah produk tidak terjual sesuai dengan
harapan.Bukan hal yang mudah memang untuk mempertemukan sebuah ide dengan aksi.
Hal tersebut dapat diatasi jika pelaku usaha melakukan riset lapangan/ pasar
untuk waktu yang tepat dalam memasarkan produk.
Kesimpulan:
Pertimbangkan dan tentukan apa yang akan dilakukan.
Pastikan bahwa para pelaku usaha sudah terlebih dahulu menyiapkan Rencana A,B,C
untuk menghadapi segala masalah yang sekiranya akan dihadapi ketika memulai
berwirausaha.
Daftar Pustaka
http://www.asritadda.com/enterpreneurship/6-penyebab-kegagalan-dalam-berwirausaha.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar